Pemasangan Baliho APBDes Tahun Anggaran 2023 dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBDes Tahun 2022

Administrator 17 Maret 2023 11:00:26 WITA

 
 

Desa Celukanbawang merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Sebagai desa yang memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan keuangan yang melibatkan dana desa, Desa Celukanbawang telah melaksanakan beberapa bentuk transparansi keuangan desa, salah satunya adalah dengan memasang baliho APBDes dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBDes tahun anggaran sebelumnya.

Pemasangan baliho APBDes dilakukan sebagai bentuk upaya pemerintah desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang alokasi anggaran desa pada tahun yang akan datang. Pada tahun anggaran 2023, Desa Celukanbawang telah memasang baliho APBDes yang berisi tentang program dan kegiatan yang akan dilaksanakan serta besaran anggaran yang disiapkan untuk masing-masing program dan kegiatan tersebut. Beberapa program dan kegiatan yang tercantum dalam baliho APBDes diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan gedung serbaguna, pemberdayaan masyarakat, dan lain sebagainya. Dengan adanya baliho tersebut, masyarakat dapat mengetahui rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh pemerintah desa, serta dapat memantau perkembangan pelaksanaannya sepanjang tahun.

Selain pemasangan baliho APBDes, Desa Celukanbawang juga telah menyediakan Laporan Pertanggungjawaban APBDes tahun anggaran sebelumnya. LPJ APBDes merupakan laporan yang berisi tentang realisasi pendapatan dan belanja desa selama satu tahun anggaran. Pada tahun anggaran 2022, Desa Celukanbawang telah melaporkan realisasi pendapatan dan belanja desa yang telah dilaksanakan selama satu tahun anggaran sebelumnya. Laporan tersebut meliputi informasi tentang sumber-sumber pendapatan desa, besaran anggaran yang disiapkan untuk masing-masing kegiatan, serta rincian pengeluaran untuk setiap kegiatan. Dengan adanya laporan ini, masyarakat dapat mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa dilakukan, sekaligus memastikan bahwa pengelolaannya telah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Dalam konteks transparansi keuangan desa, pemasangan baliho APBDes dan LPJ APBDes merupakan dua bentuk yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan melakukan kedua hal tersebut, masyarakat akan lebih percaya dan memahami bagaimana pengelolaan dana desa dilakukan, serta memastikan bahwa dana desa digunakan dengan tepat sasaran untuk pembangunan desa yang lebih baik. Desa Celukanbawang telah menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan prinsip transparansi keuangan desa dengan memasang baliho APBDes dan menyediakan LPJ APBDes tahun anggaran sebelumnya.

Komentar atas Pemasangan Baliho APBDes Tahun Anggaran 2023 dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBDes Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi CELUKANBAWANG

tampilkan dalam peta lebih besar